Skin News: When the sun meets blue light...

2021-02-16 00:45:27

Sering mendengar betapa pentingnya menggunakan sunscreen? Mungkin kamu juga sering mendengar untuk membersihkan wajah agar bebas dari minyak, debu, kotoran, serta polusi? Jika kamu sudah terbiasa melakukan keduanya, you’re doing great! Namun, satu hal lagi yang patut diwaspadai adalah blue light.

Basically, blue light atau cahaya biru merupakan bagian dari spektrum cahaya tampak, yaitu cahaya berenergi tinggi dan panjang gelombang yang pendek. Melansir dari Healthline, sumber utama blue light yang kita jumpai adalah matahari. Namun, kita juga mendapatkan jumlah paparan yang signifikan dari layar komputer, ponsel, dan perangkat digital lainnya. 

Dilansir dari Tirto.id, dampak paparan blue light di gadget bisa merusak kulit dan menghancurkan kolagen di sel kulit. Meskipun efek cahaya biru pada kulit belum sepenuhnya dipahami, cahaya biru dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang penting karena risiko lainnya. "Cahaya biru merusak retina dan mengurangi ekskresi melatonin Anda, sehingga mengganggu siklus tidur Anda," ujar Michelle Henry, seorang dokter kulit di New York. Sementara sinar ultraviolet, ujar Henry, merusak DNA sel secara langsung, cahaya biru menghancurkan kolagen melalui stres oksidatif.

Beberapa penelitian melaporkan bahwa bahan kimia seperti flavin dan carotenoid dapat menyerap cahaya biru atau menunjukkan sifat anti blue light. 

Tentu kamu sudah mengetahui bahwa penggunaan sunscreen atau tabir surya setiap hari adalah salah satu kunci perawatan kulit agar kulit agar terhindar dari efek buruk sinar UV. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui bahwa yang merusak kulit sebenarnya bukanlah sinar matahari, melainkan radiasi sinar UV. Selama berada di dalam ruangan, banyak orang merasa bahwa kulitnya tidak akan terpapar sinar matahari sehingga ia tidak perlu menggunakan sunscreen. Padahal, faktanya sebagian besar jendela tidak memblokir semua radiasi UV. 

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB. Meski UVA dan UVB sama-sama berdampak buruk bagi kulit, sinar UVA menimbulkan dampak kerusakan yang lebih parah karena bisa menembus bagian terdalam kulit. Bayangkan saja, radiasi sinar UVA (Ultraviolet-Aging) dapat menembus awan dan kaca, baik itu pada siang, malam, bahkan ketika cuaca sedang mendung. Sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit serta menyebabkan keriput dan flek hitam.

Sementara itu, sinar UVB (Ultraviolet-Burning) merupakan sinar matahari yang memiliki panjang gelombang lebih kecil dari sinar UVA. Sinar UVB tidak dapat menembus kaca dan awan, tapi radiasinya jauh lebih kuat daripada UVA. Terkena sinar UVB sebentar saja dapat menyebabkan kulit terbakar (sunburn). Jika kulit sering terkena radiasi kedua sinar tersebut, risiko terkena kanker kulit pun kian besar. Oleh karena itu, menggunakan sunscreen merupakan rutinitas yang wajib ada dalam regimen daily routine kamu, ya!

Komponen utama pada sunscreen dikategorikan menjadi dua jenis UV filter, yaitu:

1.    Physical Sunscreen 
Bekerja dengan membuat suatu lapisan di permukaan kulit yang mampu menghalangi sinar UV agar tidak menembus lapisan kulit bagian dalam. Sunscreen ini biasanya mengandung bahan aktif seperti zinc oxide dan titanium dioxide.

2.    Chemical Sunscreen 
Bekerja dengan cara membuat suatu lapisan di permukaan kulit untuk menyerap energi radiasi UV, sehingga tidak sampai terserap atau masuk ke lapisan kulit bagian dalam. Chemical sunscreen mengandung beberapa senyawa aktif seperti cinnamates, octisalate, ovybenzone, dioxybenzone. 

Ingat, Ladees, sinar UVA menghantui kamu setiap hari, bahkan jika cuaca mendung dan di dalam ruangan. Jadi, jangan malas untuk memakai sunscreen di pagi dan siang hari baik pada saat beraktivitas di dalam atau di luar ruangan ya, Ladees!

Inilah beberapa produk Daneen yang patut dicoba untuk melindungi kulit kamu dari bahaya radiasi sinar UV dan sinar layar gadget! Cheers up to skin positivity!

Daneen Sun Care
Daneen Daily UV Sun Care SPF 30+ PA+++ with Anti Bluelight & Antioxidant
Daneen UV Shield Sun Care SPF 50+ PA++++ with Anti Bluelight & Antioxidant

Untuk mengetahui Daneen Sun Care yang #perfectlyfit buat kamu, kamu bisa cek di Daneen Skin Test. 

Social Media

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.